BERBAGI
cara atasi anak yang susah belajar

Belajar adalah salah satu kewajiban bagi anak yang usianya mulai menginjak 6 atau 7 tahun artinya bagaimana cara mengajari anak susah belajar nantinya menjadi prioritas tersendiri bagi guru atau para orang tua. Memang tidak semua anak mau atau mudah untuk di ajak belajar, karena tiap anak punya sifat dan karakter masing-masing. Dan bagaimana cara mengajari anak yang susah belajar ?

Berikut dibawah ini 6 cara semoga bisa membantu mengatasi hal tersebut diatas diantaranya :

1. Harus sabar

Sabar maksudnya bagaimana cara mengajari anak yang susah belajar yang pertama kita butuh kesabaran. Artinya kita harus sabar dalam menghadapi anak semacam ini. Kalau kita kurang sabar maka anak ini susah bahkan tidak mau untuk belajar. Untuk itu kesabaran sangat kita perlukan dalam menghadapi anak semacam ini.

2. Tahu hobi anak

Harus tahu kesukaan atau hobi anak yang susah belajar artinya jangan langsung kita tertuju ke belajar, tapi alangkah baiknya langkah awalnya kita tahu kesukaan anak ke hobi atau harus tahu hobi anak tersebut.

Artinya kita pancing dengan menuruti kemauan hobi anak tersebut sesudah dia cukup baru pelan-pelan kita mengarah ke belajar tadi.

3. Sistem belajar harus urut

Urutan belajar dengan dimulai dari cara yang sangat mudah dan sangat disenangi anak tersebut terlebih dahulu, jadi anak yang susah belajar tadi akan tertarik dengan gaya atau metode ini kemudian bertahap ke yang sedang dan seterusnya, tentunya kita juga punya konsep yang jelas seperti sistem belajar harus urut atau dengan kata lain jangan loncat-loncat.

4. Memberi nilai yang bagus

Memberi nilai yang bagus artinya dengan nilai bagus atau sempurna artinya nilai 10 atau  minimal 9 walaupun nilai itu hanya pura-pura dengan tujuan untuk merangsang atau memberi semangat  karena dengan nilai 10 atau 9 anak yang malas belajar tersebut akan bangga atau senang jadinya.

Bahkan kadang diperlihatkan kepada orangtuanya, kakaknya maupun kawan-kawannya nilai tadi.

5. Jangan terlalu lama belajar

Jangan terlalu lama belajar, artinya tahap awal atau permulaan untuk mengajari anak yang susah belajar itu pertama cukup 30 menit dulu biar tidak jenuh dengan sendirinya dia akan mau dan rajin belajar dengan singkatnya waktu tadi.

Setelah mulai tertarik dengan gaya atau metode kita mengajar dengan waktu singkat tadi kurang lebih 30 menit, maka dengan sendirinya kita tambah belajar 1 jam pun dia pasti tidak keberatan.

6. Istirahat dan kebebasan

Istirahat dan kebebasan seperti boleh makan makanan kecil sambil kita cerita atau dongeng yang digemari anak-anak.

Semisal kancil dan keong  atau cerita lucu lainnya cerita, yang sifatnya mengajar tapi diluar pelajaran semisal tidak boleh berani sama orang tua bapa ibu atau yang lebih tua seperti kakak tante, dan lain-lain masih banyak cerita yang disukai anak-anak.

Baca juga :  Kenapa harus punya Guru

Hal ini perlu untuk selingan mencegah kejenuhan tadi jadi anggapan anak tersebut tidak fokus belajar tapi ada variasinya.

Demikian artikel tentang Bagaimana cara mengajari anak yang susah belajar, semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba, Insya Alloh dengan cara ini semoga akan berhasil, dan anak anda nantinya akan rajin belajar,  bahkan tanpa disuruh akan gemar belajar dengan sendirinya.

Selamat mencoba semoga berhasil !!!

Wassalam wr wb.  Penulis :Adijawa Solusi

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY