BERBAGI

Sekilas memang kelihatannya agak susah untuk mulai buka bisnis atau buka usaha. Dan kebanyakan maaf Kenapa usaha yang halal sekilas awalnya susah.

Berikut ini untuk mencegah anggapan kenapa usaha yang halal sekilas awalnya susah, berikut caranya :

a. Umpan Syaitan

Artinya setiap usaha yang halal sekilas awalnya susah. kalau ada usaha langsung sukses itu biasanya umpan syaitan.

Usaha yang langsung sukses maaf umumnya usaha yang betul-betul dilarang oleh agama. Contohnya buka pantai pijit, buka karaoke, bar dan sejenisnya seperti warung esek-esek dan lain-lain.

Usaha-usaha haram ini memang kebanyakan langsung maju dan sukses kenapa karena itu umpan dari syaitan. Akan tetapi kalau usaha yang halal sekilas awalnya susah, karena ini ujian dan cobaan dari Alloh semata.

b. Sabar dan tekun

Untuk itu perlu dibutuhkan sabar dan tekun dalam menggeluti awal usaha yang betul-betul halal.

Karena usaha apapun memulainya pasti hampir semua susah, karena sedang merintis dan memperkenalkan serta memasarkan usaha baru kita.

Kesabaran serta ketekunan yang memang perlu kita miliki, sehingga dengan sabar dan tekun,  lama-kelamaan usaha kita akan berkembang dan membuahkan hasil.

Awalnya kadang rugi, terus pas-pasan,  kemudian baru untung kecil. Akan tetapi kalau kita terus sabar dan tekun ditambah lagi semangat, bukan tidak mungkin dari untung yang tadinya kecil akan bertambah dan terus bertambah sehingga menjadi untung yang lumayan besar.

c. Manajemen yang rapi dan teliti

Setelah mulai untung dan usaha sudah berkembang jangan lupa kita buat manajemen yang rapi dan teliti.

Teliti dalam arti kita jangan sembrono dalam mulai menyusun manajemen usaha yang baru kita bangun, agar dapat cepat berkembang dan bertambah menjadi besar usahanya.

Karena usaha apapun kita harus rapi manajemen nya dan teliti pembuatan nya, sehingga dapat di evaluasi setiap harinya, minggu nya atau sebulan sekali berapa keuntungan kita. Disitu akan jelas dengan manajemen yang rapi dan teliti.

d. Doa dan beramal 

Setelah usaha berkembang dan maju serta mendapat untung yang banyak atau melimpah,  jangan lupa kita doa dan beramal serta keluarkan zakat nya.

Karena ingat dalam rejeki kita,  ada rejeki orang lain yang Alloh titipkan kepada kita untuk dikeluarkan.  Dengan demikian maka kita secara tidak langsung sudah  menjawab anggapan,  kenapa usaha yang halal sekilas awalnya susah.

Padahal sebetulnya tidak sama sekali, hanya perasaan atau bayangan saja yang membuat sekilas menjadi kelihatan susah.

Dengan tegas kita jawab tidak juga,  kalau kita memperhatikan dengan seksama akan tulisan dan saran kita diatas.

Selamat mencoba semoga anda berhasil dan sukses serta ingat tekun sabar sabar dan sabar,  karena kata Rosululloh sabar itu tidak ada batasnya.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY