Menjaga sebuah Amanah

menjaga sebuah amanah

Agama sudah menganjurkan dan menegaskan bahwa jangan sekali-kali ingkar dari amanah, karena amanah adalah sebuah kepercayaan yang di berikan seseorang atau instansi yang harus di jalankan dengan sungguh-sungguh dan sebenar-benarnya serta penuh dengan tanggung jawab. Karena itu menjaga sebuah amanah merupakan hal yang sangat penting.

Kebanyakan orang kalau sudah di percaya atau menjabat lupa akan sebuah amanah, padahal amanah adalah penting dan sebuah anjuran yang di perintahkan oleh agama mana pun.

Oleh sebab itu peganglah amanah dengan penuh tanggung jawab, karena sekali saja tidak amanah maka kepercayaan akan pudar selama-lamanya. Dan kesempatan sulit akan datang untuk kedua kalinya.

Jadi menjaga amanah adalah sebuah keharusan, untuk itu sekali lagi jangan sampai kesempatan yang sudah di percayakan seseorang maupun instansi kepada kita jadi hilang karena kita tidak bisa dalam menjaga sebuah amanah.

Adapun ciri-ciri orang yang Amanah diantaranya :

  • Selalu langsung di sampaikan apabila ada pesan, amanat        atau titipan.
  • Selalu minta maaf terlebih dahulu apabila lambat dalam          menyampaikan pesan amanat maupun titipan.
  • Selalu menepati artinya tidak pernah ingkar janji.
  • Rendah diri, tawadlu dan terpercaya.

Itulah ciri-ciri orang yang insya Alloh amanah, jadi apabila ada seseorang yang mempunyai ciri-ciri seperti tersebut diatas insya Alloh bisa di percaya, bertanggung jawab dan pastinya selalu akan amanah.

Memang jaman sekarang mencari seseorang yang amanah itu sangat jarang dan langka bahkan susah sekali, tapi juga masih ada walaupun jumlahnya sedikit.

Oleh karena itu setidaknya lihatlah ciri-ciri tersebut diatas agar kita jangan sampai keliru apalagi salah dalam mencari seseorang yang bisa memegang dan menjaga sebuah amanah.

Karena jujur di era yang modern ini sangat langka dan jarang dalam mencari orang yang bisa menjaga sebuah amanah, untuk itu perhatikan dengan benar dan hati-hati mengenai rekam jejak dari orang tersebut apabila nantinya akan di jadikan Pemimpin yang benar-benar bisa memegang dan menjaga sebuah amanah.

Demikian sekedar yang informasi yang bisa penulis paparkan tentang menjaga sebuah amanah, semoga bisa berguna dan bermanfaat untuk sekarang dan masa yang akan datang.

Sekedar Info, baca juga : 4 Ciri orang bahagia menurut Agama.

Terima kasih, Wassalam wr wb. Penulis Adi Kejawen (Kerukunan Jawa Tulen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 19 =