BERBAGI
Janganlah kamu sombong

Terkadang hidup serba berkecukupan bahkan lebih membuat kita menjadi sombong padahal kalau kita amati dan kita sadari bahwa kesombongan adalah awal dari kehancuran. Untuk itu jagalah diri kita, keluarga dan sanak famili kita, kawan dan tetangga kita untuk dan jangan sampai mempunyai sifat sombong apalagi angkuh. Karena kalau kita boleh tahu dan memahami bahwa yang berhak sombong itu Alloh, tapi Alloh pun tidak sombong walaupun punya hak itu.

Apa yang membuat sombong ?

 

1.  H a r t a

Yang membuat orang sombong yang pertama itu harta, karena dengan banyaknya harta di samping kurang beribadah dan minimnya pendidikan agama sera tidak mau mengaji membuat akan membuat orang itu menjadi sombong.

Banyaknya harta seperti uang, bagusnya mobil dan kendaraan lainnya serta hidup yang serba lebih atau wah di tambah kurangnya pendidikan agama, serta maaf jarang mengaji tadi membuat orang akan gampang sombong.

Karena orang semacam ini mengukur segala sesuatunya hanya dengan harta, sebetulnya kasihan orang yang mempunyai sifat sombong walaupun sekilas di dunia kelihatan enak namun kelak di akhirat akan rugi, karena sombong itu biasanya gaya dan perilaku dari iblis dan setan.

Baca juga :  Harta kekayaan kelak akan di tanya di Akhirat

Iblis dan setan akan menggoda manusia agar terus sombong bahkan congkak dengan tujuan biar kelak akan menjadi kawannya di neraka jahanam, karena orang-orang yang sombong tempatnya di neraka bersama iblis dan setan.

Untuk itu selamatkan diri kita dan keluarga kita dari sifat-sifat sombong, insya Alloh dengan hidup sederhana dan seadanya serta banyak ibadah, bersedekah dan seringnya belajar ilmu agama sama rajin mengaji kelak akan selamat baik di dunia maupun dia akhirat.

2. Jabatan atau pangkat

Di samping harta yang membuat kesombongan lainnya yaitu biasanya jabatan atau pangkat, karena dengan pangkat atau jabatan yang makin tinggi maka tidak sedikit orang menjadi sombong.

Dan orang itu tidak menyadari bahkan kurang mengerti bahwa kesombongan itu adalah awal dari kehancuran bahkan bencana yang lambat laun akan menimpa diri kita bahkan keluarga (jangan sampai karena ulah kita).

Sekali lagi cegah lah sedini mungkin keluarga kita dan diri kita serta tetangga dan kawan kita dari sifat sombong.

Baca juga :  Harta Tahta dan Wanita

Dan janganlah kamu sekali-kali sombong telapak kakimu belum serendah bumi, kepalamu belum setinggi langit dan di atas langit masih ada langit, buang jauh apalah artinya pangkat, tahta atau jabatan itu hanyalah sementara suatu saat akan berakhir atau ada yang mengambil.

3.  I l m u

Selain harta dan jabatan maupun pangkat, ilmu juga terkadang membuat orang bisa sombong. Merasa paling pintar paling tahu mereka terkadang maaf sok jago, sok pintar dan lain sebagainya sehingga menimbulkan kesombongan atau keangkuhan.

Sebaiknya kalau kita berilmu hendaknya mencontoh Padi artinya makin berilmu makin bersisi tapi mereka merendah atau tawadlu.

Karena dengan sifat merendah atau tawadlu insya Alloh se pintar apapun kita setinggi apapun ilmu yang kita miliki maka kita tidak pernah akan sombong.

Di tambah diri kita tahu bahwa kesombongan adalah awal dari kehancuran maka tidak mungkin kita akan melakukan atau bertindak ke hal-hal yang menjurus ke sebuah kesombongan.

Demikianlah sekilas tentang “Kesombongan adalah awal dari kehancuran” hal ini sangatlah penting buat diri kita sendiri dan sebat luaskan ke saudara, kawan atau tetangga kita serta siapapun agar menjauhi sifat sombong.

Karena kalau kita tahu bahwa kesombongan itu hanya milik Alloh artinya yang berhak untuk sombong itu hanyalah Alloh Swt.

Sukron Wassalam wr wb, AS

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY