Mulutmu adalah Harimaumu

Mulutmu adalah harimaumu

Peribahasa mulutmu adalah harimaumu ibarat juga Gajah mati meninggalkan gading, macan mati meninggalkan belang dan Manusia mati atau meninggal meninggalkan kebaikan atau amal soleh. Dari itulah berhati-hatilah dalam menjaga mulut atau lisan karena Agama juga mengajarkannya dan selalu mengingatkan agar selalu menjaga lidah nya.

Ada apakah dengan mulutmu ?

 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut di atas alangkah baiknya kita membahas judul artikel ini dahulu yaitu mulutmu adalah harimaumu baru nanti dengan sendirinya kita secara otomatis menjawab pertanyaan ada apakah dengan mulutmu.

Mengapa demikian karena manusia itu yang di pegang ucapannya atau omongan nya jadi setiap pembicaraan itu kita mesti berhati-hati dan harus di pikirkan terlebih dahulu artinya dengan pembicaraan yang kita ucapkan ada dampak baik atau buruknya kalau baik maka ucapkanlah tapi kalau sebaliknya yaitu berdampak buruk maka pikirkanlah bila perlu urungkan atau batalkan lah pembicaraan itu.

Itulah makna yang sebenarnya dari mulutmu adalah harimaumu oleh karena itu berhati-hatilah dalam berbicara dengan kata lain pikirkan dahulu dampaknya kalau mau berbicara, apakah menyakitkan atau menyinggung perasaan orang atau justru membuat orang akan senang dengan ucapan atau pembicaraan kita nantinya.

Jika sudah mengerti dan memahami apa itu arti dari mulutmu adalah harimaumu maka dengan sendirinya kita selalu akan menjaga lisan sesuai yang di anjurkan oleh Agama.

Kalau kita berpatokan dan berpedoman pada Agama insya Alloh kita akan selamat baik di dunia maupun di Akhirat.

Maka dari itu Agama selalu mengingatkan agar kita selalu menjaga lidah terutama dari perkataan atau ucapan yang di larang oleh Agama.

Baca juga :  Untuk kita renungkan

Banyak ucapan yang di larang oleh Agama diantaranya yang paling sering yaitu memfitnah, menghujat, membicarakan keburukan atau kejelekan orang, selalu mengucapkan kata Pasti dan yang lebih bahaya lagi mulut atau lidah untuk berkata bohong dan lain sebagainya masih banyak lagi yang gara-gara lisan atau ucapan kita jadi urusan atau malapetaka dan lain sebagainya.

Oleh karena itu sebelum itu semua terjadi maka kita harus menjaga lisan atau mulut karena itu tadi bahwa peribahasa mengatakan mulutmu adalah harimaumu.

Demikian artikel singkat yang Penulis memberikan judul “Mulutmu adalah Harimaumu” semoga bisa untuk di jadikan pelajaran untuk kita semua agar nantinya kita selalu menjaga lidah karena lidah atau lisan sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan kita sehari-harinya.

Terima kasih semoga artikel yang singkat ini bisa bermanfaat untuk pembaca khususnya dan masyarakat luas umumnya agar kiranya bisa di bagikan atau berbagi pengalaman untuk saling mengingatkan kepada sanak famili dan kawan serta handai taulan di lingkungan kita.

Wassalam wr wb, Adijawa Solusi (Ketua Umum Kerukunan Jawa Tulen atau KEJAWEN) – Penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =